Sabtu, 17 Januari 2015

Aliran Music genre SKA

Ska adalah musik dari jamaika dan mulai berkembang pada masyarakat golongan pertengahan (pekerja) di United Kingdomsekitar tahun 60an dan kemudian berkembang keseluruh dunia. di United Kingdom mulanya ska dikenal sebagai bluebeat dan kemudian dikenal sebagai rocksteady dan reggae. element utama musik ska adalah drum, rythem, bunyi brass (trumpet, trombone),kesemuanya dirangkumkan maka terlahirlah irama musik ska. ska mulai dipopulerkan oleh golongan mod dan rudeboys dengan imej tersendiri memakai hat (topi popeye) dan mengendarai skuter (vespa) sambil menyanyikan musik ska. di gelombang pertama seperti 'straight edge' dengan logo 'x' ditangan bonehead. Sejarah musik ska ini sangat menarik sejak tercetus dan terus berkembang. dalm masa 40tahun, musik ska telah mengalami 3 zaman atau gelombang mempengaruhi popularitas musik diseluruh dunia.
Sebelum berakhirnya perang dunia II pada tahun 1962, Jamaica membentuk pemerintahan sendiri meskipun masih tetap sebagai negara persemakmuran. Budaya Jamaica dan musiknya mulai terefleksi dalam optimisme baru dan aspirasi rakyat yang liberal. Jamaica mengadopsi berbagai bentuk musik dari Amerika. Pada akhir perang dunia II banyak band-band di Jamaica yang memainkan musik-musik dansa. group seperti Eric Dean Orchestra dan trombonisnya Don Drummond & gitarisnya Ernest Ranglin terpengaruh oleh musisi-musisi jazz Amerika. ditahun 50an ketenaran band-band jazz di Amerika digantikan oleh grup-grup kecil dan cenderung memainkan irama bop/rhythem dan blues sound. musisi jamaika yang sering berkunjung ke amerika terpengaruh dan membawa pola permainan musik tersebut ke daerah asalnya. band-band lokal di jamaika seperti Count Smith The Blues Blaster mulai memainkan gaya baru tersebut. pada akhir tahun 50an pengaruh-pengaruh jazz, R&B, dan Mento melebur menjadi satu bentuk baru yang dinamakan 'shuffled'. dua orang yang amat berpengaruh dalam perkembangan musik di jamaika pada tahun 50an adalah Duke Reid dan Clement Seymour Dodd. soudsystem Reid dikenal dengan nama 'The Trojan' yang diambil dari tulisan yang tertera pada truknya.
tahun 1962 saat dimana jamaika sedang gandrung meniru musik-musik amerika, Cecil Bustamente Campbell yang kemudian dikenal dengan nama 'Prince Buster', tahu bahwa sesuatu yang baru amat dibutuhkan pada saat itu. ia memiliki seorang gitaris yang bernama Jah Jerry yang kemudian berekperimen di musik dengan menitikberatkan ketukan 'afterbeat' ketimbang 'downbeat'. hingga pada saat ini ketukan aftebeat menjadi esensi dari singkop (penukaran irama) khas jamaika. SKA pun lahir.

tahun 60an wilayah ghetto di Jamaika dipenuhi oleh pemuda-pemuda yang mencari pekerjaan yang pada waktu itu amat susah didapat. pada awalnya pemuda-pemuda ini tidak tertarik dengan optimisme musik Ska. pemuda-pemuda tersebut menciptakan identitas kelompok sebagai 'Rude Boy'. 'Rude' artinya menjadi seseorang dimana masyarakat menganggapnya tidak berguna. gaya dansa para rude boy memiliki ciri khas tersendiri, lebih pelan, dengan tingkah seakan-akan meninju seseorang. rude boy memiliki koneksitas dengan 'Scofflaws' (orang-orang yang selalu menentan hukum) dan dunia kriminal lainnya. hal ini terefleksikan dalam lirik-lirik lagu ska. musik ska sekali lagi mengalami perubahan untuk merefleksikan 'Mood of the rude' dengan menambahkan tensi pada permainan bass yang disesuaikan dengan gaya yang sebelumnya yaitu 'free-walking bass style'.
PERKEMBANGAN MUSIK SKA
Dekade pertama, Tahun 1962 saat dimana inggris menjanjikan jaminan secara tak terbatas kepada para imigran yang berasal dari negara-negara persemakmurannya, kerusuhan ras pun terjadi disaat itu musik ska dan reggae sedang populer. musik tersebut dibawa dari jamaika oleh banyak musisi dan produsen yang ikut berimigrasi, termasuk The Trojan. imej rudeboy diperbaharui menjadi 2 jenis musik yang masih tergolong baru di inggris yaitu reggae dan punk oleh band The Clash.
Dekade Kedua, pada tahun 1979 seperti Jerry Dammer mendirikan 2tone records. keinginan Dammers layaknya Prince Buster di awal tahun 60an yaitu menciptakan sesuatu yang baru, hitam dan putih menjadi simbol. lahirlah yang dinamakan dengan 2tone ska.
Dekade Ketiga, pada dekade ketiga ini juga terdapat hal-hal yang tidak pernah ada pada awal gelombang pertama (beberapa diantaranya ada yang tidak pernah dimengerti) seperti "straight edge" dengan logo "X' ditangan, boneheads, OI/SKA, Skinhead Against Racial Prejudiced (SHARP's) juga konsep-konsep 'sell outs'. ada beberapa aspek diantaranya yang belum berubah : Ska masih menjadi musik kalangan remaja, setiap pertunjukan Ska dapat disaksikan oleh segala umur dan tidak terlalu mahal untuk mengakomodasikannya. disamping itu juga Ska masih membentuk beat yang unik dan harmonis walaupun digabungkan dengan unsur-unsur musik lainnya dan orang-orangnya pun masih banyak yang menikmatinya.
PENYANYI LEGENDARIS SKA
Biografi Prince Buster
Campbell atau yang dikenal Prince Buster lahir disebuah kota yang bernama Kingstone, dia adalah anak seorang pilot helikopter. Dia tumbuh di dalam lingkungan kota pada tahun 1959, dia mulai bernyanyi di klub malam di kota Kingston dan dia dibayar dengan gaji yang rendah. Dia membentuk sebuah band dengan beberapa temannya, dan tidak ada diantara mereka yang benar-benar sukses. Dia memulai karirnya karena kegilaannya memainkan alat musik,. pada akhirnya Prince Buster diperkenalkan pada Clemet Dodd seorang produser musik yang memperkenalkan Prince Buster dengan salah satu dapur rekaman yang paling terkenal di kota Kingstone. Yang menarik perhatian adalah Prince Buster tidak dikontrak sebagai seorang musisi akan tetapi sebagai seorang security. karena persaingan yang ketat dalam bermusik, dan timbulnya kekerasan, Prince Buster tidak mempunyai kemampuan yang lebih sebagai seorang security. ini adalah gambaran pekerjaannya yang menyebabkan dia mendapat julukan "The Prince', yang nama panjangnya diambil dari nama kecilnya "Buster" (berasal dari nama tengahnya "Bustamente") yang akhirnya menjadi terkenal

.

STYLE SKA
Style ska itu sendiri terinspirasi oleh walt jabs yang merupakan tokoh kartun atau figur seorang rudeboy yang sangat identik dengan ska, walt jabs memakai jas berwarna hitam, topi pork pai, kacamata hitam, sepatu loafers hitam dengan kaoskaki berwarna putih panjang, dan memakai celana menggantung. style ini identik dengan warna kotak-kotak hitam putih. sebenarnya style dan lambang 2tone(kotak-kotak hitam putih) digunakan pada dekade 2, seiring berjalannya waktu style dan lambang tersebut menjadi ciri khas aliran ska hingga sekarang.



ALAT-ALAT MUSIK SKA
1. Drum set : drum disini sebagai beat atau tempo keeper.
2. rhytme guitar
3. bass
4. brass : trumpet, trombone, saxophone
BAND-BAND BERALIRAN SKA`
Ska Dekade 1 : The Skatalities, The Trojan, The Wailer, prience Buster, Dericc morgan, desmon Dekker, Toots and the Maytals, Lee scratch Perry
Ska Dekade 2/2tone : The Specials, Badmanners, The Selecter, Madness, The Eglish Beat
Ska dekade 3 : The mighty-mighty bosstone, Hepcat, Save farris, Tokyo Ska Paradise Orchestra, Bim skala bim, Skankin'Pickle, memphiskapheles, Undecover S.K.A, Fishbone, Tipe-x, Gerhana Ska Cinta,Monkey boots , don lego , the authentic.


 
ska yang pernah menjadi salah satu KECERIAAn utama di blantika musik indonesia di akhir tahun 90-an ini hanya meredup bukan mati, sekali lagi BUKAN MATI!!!
yang hilang mungkin hanya para scenesternya, makhluk yang doyan pake topi fedora atau bowler hat, berkaca mata hitam, skinny jeans, sampai bawa2 koper atau pake kemeja bermuda ( kemeja corak pantai) ini menghilang seiring minimnya SKA event atau gigss yang diadakan ..
SKA tetap ada meski tern musik tlah berganti dari HIPMETAL, REGGAE SAMPAI METALCORE!!! para aktivis ska tetap berusaha menghidupkan scene yang tumbuh subur di JEPANG dan AMERIKA ini .

Tau tipe-x kan? Atau pernah dengan Jun Fan Gan Foo? Es coret? Arigatoo? Collonyet? UFO? Dirty Dools? Purpose? Jet Coaster? Rolling doors?Itu adalah nama band asli Indonesia yang melejit di bawah aliran SKA. Ya, SKA salah satu jenis musik yang disukai banyak orang, termasuk saya. Aliran yang kental dengan suara bass “bersahut-sahutan” dan diikuti oleh suara brass yang enak di dengar menjadi salah satu ciri-ciri dari aliran musik ini. Tapi apakah teman-teman tahu bagaimana sejarah musik SKA?Ska di Indonesia
Di Indonesia sendiri gak ada catatan kapan dan siapa musisi kita yang awalnya memainkan musik Ska. Satu hal yang pasti, Sejak Tipe-X rajin ngisi pensi sana-sini dengan musik Ska-nya, musik ini seakan naik kasta menjadi musik industrial yang menjanjikan (Awalnya dianggap sebagai musik minoritas atau indie). Meski banyak musisi yang masih mengadopsi mentah-mentah musik ini, seperti Artificial Life dan sebagainya, gak sedikit pula band Ska kita yang melakukan improvisasi sana sini. Selain Tipe-X ada juga Noin Bullet dan Jun Fun Gung Foo yang meracik musik ini dengan sentuhan musik rock.
Seperti sudah diprediksi sebelumnya, gong musik Ska berjalan gak sampai 1 dekade. Dan setelah itu, banyak band Ska pada bubar, meski gak semuanya sih. Sekarang kalo ngomongin soal musik yang satu ini, Shaggy Dog dan Tipe-X kayaknya gak ada matinya.
Saat musik rock merajai televisi dan radio di Era 90an, musik yang satu ini tiba-tiba muncul dan langsung menjadi trend tersendiri di anak-anak muda. Gak cuman nge-trend di telinga, Ska juga menjadi trend lifestyle remaja saat itu. Baju pantai celana pendek, dengan dandanan necis menjadi wabah seiring demam Ska. Meski identik dengan hura-hura dan pesta, rupanya Ska memiliki sejarah gelap dengan syair-syair berisi penderitaan bangsa terjajah yang tersamar dengan alunan aransemen musik dansa.
Sejak mendapatkan status merdeka dan menjadi negara persemakmuran Inggris, perkembangan musik di Jamaika berkembang sangat cepat. Di era tahun 40an, musik –musik dansa dari Amrik begitu populer, seperti Jazz dan Blues. Hingga pada 1962, Cecil Bustamente Campbell yang kemudian dikenal dengan nama ‘Prince Buster’, tahu bahwa sesuatu yang baru amat dibutuhkan pada saat itu. Ia memiliki seorang gitaris yang bernama Jah Jerry yang kemudian bereksperimen di musik dengan menitik beratkan ketukan “afterbeat” ketimbang “downbeat”.
Hingga pada saat ini ketukan afterbeat menjadi esensi dari singkop (penukaran irama) khas Jamaika ditambah Free-walking bass style, Ska pun lahir.

Tahun 1962 Ska mulai masuk ke Inggris, melalui musisi dan Produser imigran Jamaika. Ketenaran musik Ska di Inggris kemudian memuncak dengan keluarnya band The Coventry Automatics (cikal bakal The Specials) di pertengahan tahun 70an. Disini musik Ska digunakan Jerry Dammers (Pendiri the Specials) untuk menangkal isu rasial.
Dari Jerrylah kemudian Ska berkembang identik menjadi icon hitam dan putih. Salah satunya munculnya sosok Walt Jabsco (diambil dari nama Walt Disney, pendiri film kartun & Jabsco berarti ganja dalam bahasa slang latin) gambar kartun pria berpakaian jas hitam dengan kemeja putih, dasi hitam, topi ‘pork pie’, kaca mata hitam, kaus kaki putih & sepatu ‘loafers’ hitam. Selain the Specials, ada juga Madness, The Beat, The Selecter, The Bodysnatchers, band Ska yang meramaikan musik ini di Inggris.
Keberadaan gelombang ketiga musik ska terdiri dari berbagai bentuk dengan mengkombinasikan hampir setiap jenis musik yang kira-kira dapat dikimpoikan dengan irama ska. Band-band seperti Jump With Joey, Hepcat, Yebo, NY Ska Jazz Ensemble & Stubborn Allstars tetap bermain pada akar ska Jamaika. Operation Ivy, Voodoo Glow Skulls, Mighty Mighty Bosstones, dll menggunakan energi punk untuk menciptakan ska-core. Regatta 69, Fillibuster, Urban Blight, dll. tetap bertahan pada corak Reggae/Rocksteady beat. Punch The Clown, Undercover S.K.A., dll mencirikan pengaruh dari gaya 2Tone. Yang menarik adalah band asal Florida, Pork Pie Tribes menggabungkan beat ska dengan musik tradisional Irlandia. Hal lain yang lebih menarik adalah grup band The Brownies yang mencampurkan ska dengan apa saja.

Rude Boy
Keberadaan Rude Boy, menjadi simbol yang tak terpisahkan dengan musik Ska. Sampai sekarang, sosok Rude Boy selalu muncul di setiap pertunjukan dan konser musik Ska di seluruh dunia. Namun siap sangka, awalnya Rude Boy sama sekali tak memiliki hubungan dengan musik Ska.
Istilah Rude Boy muncul pertama kali di salah satu wilayah di Jamaika, Getho pada era 40an. Rude yang artinya seseorang yang tidak berguna (Pengangguran). Awalnya, bisa dikatakan Rude Boy hanyalah kelompok geng biasa dengan segudang predikat negative dari masyarakat. Bahkan Rude Boy sering diidentikan dengan kelompok Scofflas, geng penentang hukum dan sering berbuat kriminalitas. Gak susah untuk mengenali Rude Boy, karena mereka memiliki kebiasaan dan ciri tersendiri. Diantaranya gaya dansa lebih pelan dan seperti menonjok-nonjok orang. Serta biasanya mereka menggunakan celana yang hanya sebatas diatas mata kaki.
Kebijakan pemerintahan Jamaika yang tidak populer waktu itu, akhirnya menjadikan Rude Boy menjadi bentuk perlawanan balik masyarakat Jamaika. Musik Ska dengan lirik-lirik yang berhubungan dengan Rude Boy kemudian muncul dan cepat populer di masyarakat. Dalam perkembangannya, Rude Boy kemudian menjadi simbol dalam musik Ska. Bukan menjadi icon pemberontak tapi sebagai symbol supporter yang fanatik dengan musik Ska.
Ska di Indonesia
Di Indonesia sendiri gak ada catatan kapan dan siapa musisi kita yang awalnya memainkan musik Ska. Satu hal yang pasti, Sejak Tipe-X rajin ngisi pensi sana-sini dengan musik Ska-nya, musik ini seakan naik kasta menjadi musik industrial yang menjanjikan (Awalnya dianggap sebagai musik minoritas atau indie). Meski banyak musisi yang masih mengadopsi mentah-mentah musik ini, seperti Artificial Life dan sebagainya, gak sedikit pula band Ska kita yang melakukan improvisasi sana sini. Selain Tipe-X ada juga Noin Bullet dan Jun Fun Gung Foo yang meracik musik ini dengan sentuhan musik rock.
Seperti sudah diprediksi sebelumnya, gong musik Ska berjalan gak sampai 1 dekade. Dan setelah itu, banyak band Ska pada bubar, meski gak semuanya sih. Sekarang kalo ngomongin soal musik yang satu ini, Shaggy Dog dan Tipe-X kayaknya gak ada matinya
beberapa info nih bro ttg sejarah ska indonesia, mungkin bisa didiskusikan lagi :
album ska pertama di indonesia : band waiting room,tahun 1997, salah satu lagunya “ruang tunggu”, masuk dikompilasi best alternative indonesia (tonggak musik alternatif) tahun 1998.
memang sebelumnya sudah ada warna ska di album-album artis indonesia lawas di tahun 1980-an, sejaman dengan era 2tone dan new wave di inggris, seperti lagunya igor tamerland yang berjudul “enak skaly” dan pemalas.
Era booming ska di Indonesia di akhir 90an baru benar2 terjadi setelah kemunculan lagu “genit” dari tipe-x,disusul Jun Fan Gung Foo “bruce lee”, Noin Bullet “bebas”, Purpose “Tiger Clan”, Shaggydog “kecoak” dsb ada juga don lego
namun konon katanya ska sudah ada sejak zaman koespuls wowwww!



BAND SKA INDONESIA


  • TIPE-X - Band ini dibentuk pada bulan September 1995. Kini TIPE-X sudah menjadi band SKA ternama di INDNONESIA dengan hits nya Mawar Hitam, Ciuman Pertama, dan sekarang yang sedang booming yaitu BOY BAND
  • SOULJAH - Band yang mempunyai personil Danar pada Vocal, Sa'id pada toasting, Renhat pada Bass, Bayu pada Guitar, David pada keyboard, Vino pada saxophone awalnya adalah suatu band yang fokus pada aliran ska, namun pada 1998 mereka lebih memilih reggae,
  • YOUNGSTAR CITY ROCKER - Band ska satu ini, band asli kota Malang. Band ini menamai aliranya SKArema, SKA + Arema kali, band ini terkenal dengan lagunya shake your hand, step back and other.
  • HEAVY MONSTER adalah band yang terbentuk di kota Pahlawan Surabaya pada bulan September sekitar tahun 1998 Silam. Bermula dari berkumpulnya empat orang yang mempunyai keinginan untuk bermain musik. Formasi saat itu Irhan main gitar , Rois Vokal, Heri pada bass, dan Herman main drum, dengan membentuk sebuah band. yang membuat perpaduan antara ska, reggae, swing, punk, rock. Beberapa band luar negeri seperti The Specials, Madness, Operation ivy, Bob Marley And The Wailers, The Slackers, Rancid.. adalah sebagian kecil yang menginspirasi gaya bermusik racikan mereka. lagu lagu band ini enak banget buat joget joget pas konser, enjot the music.


  • Shaggydog adalah sebuah band yang terbentuk di Sayidan-sebuah kampung dipinggir sungai di tengah kota Jogja-yang nyaman dan damai. Pada Tanggal 1 Juni 1997, band yang beranggotakan Heru, Richard, Raymond, Bandizt, Lilik & Yoyo' ini sepakat untuk menyebut musik yang mereka mainkan sebagai “Doggy Stylee” ; perpaduan antara beberapa unsur musik seperti ska, reggae, jazz, swing dan rock n’ roll, bahkan sampai rock yang di-mix secara special oleh 6 orang bartender ini.
    Cherry Poppin Daddies, Hepcat, Bob Marley, Song Beach Dub Allstars merupakan sebagian kecil dari band-band yang meng-influence Shaggydog. Yang lain? Pahit manis hidup adalah inspirasi mereka.
  • Band yang berasal dari Jakarta ini, memiliki base camp di bilangan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Mereka biasa memainkan musik dengan genre Rock Steady dan Ska. Berdirinya Monkey Boots berawal dari keinginan sekumpulan anak muda untuk membentuk sebuah band dengan genre musik Ska. Monkey Boots dipilih sebagai nama band dikarenakan menurut Dennny sang vokalis nama tersebut telah melekat pada figur band.
    Band yang berdiri pada tahun 2004 ini, memiliki personil Denny, Edwin, Akbar, Adam, Renato, Reonaldo, Hadaru dan Indra. Sebenarnya hanya Handaru dan Edwin yang tersisa dari pendiri Monkey Boots, namun seiring berjalannya waktu bergabunglah beberapa personil yang lain hingga lengkap kembali.
    Monkey Boots memiliki jam terbang yang tinggi, seperti sering tampil pada even-even kampus maupun dalam acara-acara scooter. Merekapun menjadi salah satu band yang tampil pada acara Reggae terbesar se-Asia Tenggara yaitu Indonesia Reggae Fest 2011.

1 komentar: